DB Cooper adalah nama yang dikaitkan dengan seorang pria yang membajak sebuah pesawat Boeing 727 di Amerika Serikat pada 24 November 1971, menerima $ 200.000 dalam ransum, dan diterjunkan dari pesawat. Nama yang ia gunakan untuk naik pesawat itu Dan Cooper, tetapi melalui miskomunikasi tekan kemudian, ia dikenal sebagai "DB Cooper". Meskipun ratusan memimpin selama bertahun-tahun, tidak ada bukti konklusif yang pernah muncul tentang identitas sejati Cooper atau keberadaan, dan sebagian besar uang tidak pernah pulih. Beberapa teori bersaing menawarkan penjelasan tentang apa yang terjadi setelah melompat terkenal, tapi FBI percaya dia tidak bertahan.

Sifat melarikan diri Cooper dan ketidakpastian nasibnya terus orang intrik. Cooper kasus (kode-bernama "Norjak" oleh FBI) adalah pembajakan pesawat AS hanya terpecahkan, dan salah satu dari beberapa kasus tersebut di mana saja di dunia, bersama dengan Malaysia Airlines Penerbangan 653.

Kasus Cooper bingung penyelidik pemerintah dan swasta selama beberapa dekade, dengan membawa banyak berubah menjadi buntu. Pada akhir Maret 2008, F.B.I. pikir mungkin memiliki terobosan ketika anak parasut digali dalam batas-batas kemungkinan situs melompat Cooper dekat kota Ambon, Washington Para ahli kemudian menetapkan bahwa hal itu bukan milik pembajak.

Meskipun tidak abadi kasus tentang bukti, sebuah petunjuk yang signifikan beberapa telah muncul. Pada akhir 1978 sebuah plakat yang berisi petunjuk tentang cara untuk menurunkan tangga memanjang dari 727, kemudian dikonfirmasi akan dari tangga belakang pesawat dari mana Cooper melompat, ditemukan hanya beberapa menit terbang utara zona drop diproyeksikan Cooper. Pada bulan Februari 1980 di tepi Sungai Columbia, delapan tahun Brian Ingram ditemukan $ 5880 dalam membusuk tagihan $ 20, yang ternyata menjadi bagian dari tebusan asli.

Pada bulan Oktober 2007, F.B.I. mengklaim bahwa mereka telah memperoleh profil DNA sebagian Cooper dari dasi dia meninggalkan di pesawat dibajak. Pada tanggal 31 Desember 2007 FBI kembali kasus ini dengan menerbitkan sketsa komposit pernah dilihat sebelumnya dan lembaran fakta online dalam upaya untuk memicu kenangan yang mungkin bisa mengidentifikasi Cooper. Dalam siaran pers, F.B.I. menegaskan bahwa mereka tidak percaya Cooper selamat melompat, tetapi menyatakan minat dalam memastikan identitasnya.
sumber : wikipedia
diterjemahkan menggunakan google translate.