I need to be myself
I can't be no one else
I'm feeling supersonic
Give me gin and tonic
You can have it all but how much do you want it?
You make me laugh
Bagi anda penggemar OASIS mungkin tak asing lagi dengan penggalan lirik di atas. Sebuah penggalan dari hits meraka SUPERSONIC yang terdapat dalam album definetly maybe pada tahun 1994. OASIS sekarang memang sudah bubar bahkan kedua pentolan mereka LIAM dan NOEL sudah menyiapkan band baru sebagai pengganti OASIS namun karya mereka tetap akan diingat oleh para fans dan penikmat musik dunia. Bahkan salah satu personil SMASHING PUMPKINS pernah mengatakan OASIS adalah band terbaik setelah THE BEATLES. Walaupun band ini banyak kontroversinya namun dilihat dari banyaknya pujian dan prestasi yang mereka miliki OASIS memang layak disebut sebagai band legendaris.


Bagi anda penggemar OASIS tapi ingin melihat sisi lain dari cerita kehidupan dan karya mereka silahkan baca beberapa cerita dibawah ini yang diambil dari hasil googling saya :

- Liam mendapatkan nama oasis dari poster band inspiral carpets yang ada di kamar, yang bertuliskan "Swindon Oasis Leisure Centre." - Mr.sifter yang berada di lirik shakermaker adalah nama toko musik favorit noel.

- Rumah yang ada di cover definitely maybe adalah rumah bonehead. - Liam beberapa kali mengajak noel untuk membuat band, dan memberi nama “The Gallagher Brothers.”, tapi kemudian liam bergabung dengan rain bersama bonehead dkk.

- Noel mengatakan lagu cigarettes and alcohol bisa menginspirasi orang-orang untuk melakukan tindakan paling brutal sekalipun. Dia ingin membuat lagu seperti cum on feel the noise yang dibuat oleh slade.

- Noel, Liam dan Guigsy adalah fans dari Manchester city, alan white fans Charlton athletic, dan bonehead adalah fans dari Manchester united.

- Personil smashing pumpkins mengatakan pada media kalau oasis adalah band terbaik setelah the beatles.

- Di akhir lagu she’s electric noel menjiplak lagu the beatles yang berjudul with a little help from my friends

- Cover dari single wonderwall adalah Amanda, dia seorang staff di creation records.

- Noel pernah mengatakan, “beruntung kita tidak tinggal di amerika, dimana senjata dijual bebas. Sebab saya akan meledakkan kepala liam sekarang. Tapi masalahnya ibuku akan membunuhku dahulu sebelum aku meledakkan kepala liam”

- Setelah noel menulis don’t look back in anger dan wonderwall, lalu dia menyuruh liam untuk memilih mana lagu yang ingin dia nyanyikan, ternyata liam memilih wonderwall, noel kecewa, karena lagu itu dia buat untuk pacarnya.

- Judul lagu champagne supernova yang ditulis oleh noel adalah copotan dari judul film dan buku.

- Kode morse di lagu d’you know what I mean terinspirasi dari lagu john lennon yang berjudul strawberry fields

- Liam bertengkar dengan noel, hanya karena noel menyanyikan lagu magic pie. Itu adalah lagu favorit liam.

- Meg adalah inspirasi dari lagu the girl in dirty shirt, karena pada saat di satu malam meg sedang menyetrika pakaian kotor, karena dia tidak cukup membawa pakaian. Lalu liam mengatakan pada noel bahwa semua lagunya selalu terinspirasi dari meg, dan itu yang membuat liam kesal.

- Noel menyuruh liam berpura-pura menjadi pria berkulit hitam dari Memphis saat menyanyikan lagu fade in/out, Johnny depp juga mengisi slide guitar di lagu ini.

- Little james : ini adalah lagu pertama yang dibuat oleh liam, yang didedikasikan untuk patsy kensit dan putranya. suatu hari saat berada di kamar liam bernyanyi untuk dirinya sendiri, noel merekamnya tanpa memberitahu liam sebelumnya. beberapa hari kemudian ia pergi berlibur bersama patsy, lalu oasis melanjutkan lagu tersebut, lalu setelah liam kembali dari liburan lagu itu telah selesai, dan ia langsung menyanyikannya di studio.

- Judul lagu the hindu times di ambil dari tulisan pada kaos yang noel liat pada saat pemotretan.

- Johnny marr ikut andil mengisi gitar di beberapa lagu oasis untuk album ini seperti "all in the mind, born on a different cloud, dan better man".

- Lyla adalah single pertama untuk album ini dan sukses, padahal sebelumnya oasis sempat ragu untuk menempatkan lyla sebagai single pertama. mucky fingers adalah lagu yang disiapkan noel untuk menjadi single, sebelum akhirnya digantikan oleh lyla.

- Noel membayangkan kalau bob dylan yang menyanyikan mucky fingers.

- Andy bell membuatkan lagu keep the dream alive untuk tim sepakbola jerman.

- Russell brand menyumbangkan suaranya untuk promosi album dig out your soul di tv.

- Pada saat hari peluncuran album dig out your soul, di inggris, logo album muncul sebagai tag semprot di trotoar, termasuk di stasiun yang baru dibuka.

- Noel banyak menghabiskan waktu dengan serge dari kasabian, lalu dia mulai terpengaruh dengan lagu-lagu yang mempunyai hentakan seperti kasabian. lalu bag it up tercipta.

- Lagu waiting for the rapture menceritakan tentang seseorang yang ditemui oleh noel pada tahun 2000 lalu, seorang yang disebut noel sebagai malaikat. seseorang itu adalah sara.

- Kata2 'someday you will find me, caught beneath the landslide' dari lagu Champagne Supernova yang diciptakan Noel Gallagher terinspirasi dari toples gula punya si Meg, dimana di tutup toples gula nya itu menggantung orang2an plastik berwarna biru dan berada tepat di atas gula yang ada di dalem toples tersebut. saat melihat orang2an itu lah kata2 tadi terbesit di benak Noel, lalu dia langsung mengurung diri dlm dapur nya meg dan menulis lagu megahits tersebut

- Ketika ditanyakan 'Slowly walkingdown the hall, faster than a canonball. apa maksudnya tuh?' Noel mengatakan 'I don't f***ing know. tapi apakah kau mengatakan bahwa 60.000 orang yang menyanyikan itu tidak tahu maknanya apa? makna lirik itu berbeda-beda bagi setiap orang.'
di sumber lain mengatakan bahwa 'slowly walking down the hall, faster than a canonball' bermakna sebagai seseorang yang tidak bisa melihat dari perspektif yang jelas (biasanya seseorang yang berada di bawah pengaruh drugs akan melihat seseorang yang berjalan dengan sangat cepat padahal ia berjalan dengan lambat)

- lirik "i'm gonna start a revolution from my bed, cause you said the brains i had went to my head" dalam Don't Look Back In Anger diambil dari wawancara John Lennon perihal 'revolusi tempat tidur' (bed peace) yang dilakukannya dengan Yoko Ono tahun 1969

- Stop Crying Your Heart Out diakui Noel sebagai 'versi cengeng nya Don't Look Back In Anger'

- Don't Go Away menceritakan perasaan Noel ketika mendengar bahwa ibunya terkena penyakit kanker (namun nyatanya tidak). dia mengungkapkan perasaan akan ditinggalkan oleh orang yang disayanginya, dan bagaimana dia belum siap untuk hal itu (cause i need more time just to make it right, don't go away)

sumber : dari blog ini dan google