Postingan kali ini saya akan membahas tentang penyakit - penyakit yang biasa di derita kucing. Kenapa saya membahas topik ini ? berawal dari peristiwa malam tadi, jam 6 petang kucing saya makan seperti biasa selesai makan dia keluar rumah setelah itu selang 2 jam dia kembali kerumah seperti biasa, tapi kali ini dia datang seperti terlihat kesakitan dan tidak bisa bernafas padahal sebelumnya masih sehat. 5 menitan setelah itu tiba - tiba dia langsung muntah darah selang 15 menitan akhirnya mati. Sampai pagi ini saya belum tau apa penyakit yang di derita kucing saya itu entah keracunan atau salah makan, karena sepanjang pengalaman saya memelihara kucing belum pernah ada kejadian seperti ini.



Dari kejadian ini saya jadi tertarik memposting mengenai penyakit - penyakit yang biasa di derita kucing. Dari hasil googling saya dapat informasi sebagai berikut :

1. Flu Kucing ( Cat Flu )
Flu kucing adalah penyakit pada kucing yang biasanya disebabkan oleh infeksi satu atau kombinasi beberapa virus (virus herpes dan virus calici) dan bakteri.

Masa inkubasi penyakit ini dapat mencapai 3 minggu, artinya kucing bisa saja tidak menunjukkan gejala sakit flu hingga 3 minggu sejak virus menyerang. Selama 3 minggu tersebut kucing bisa saja menyebarkan virus, meskipun tidak terlihat sakit.

2. Penyakit Jamur Cryptococcus Pada Kucing
Indonesia adalah negara tropis dengan udara bersuhu relatif stabil dan kelembaban yang tinggi. Kondisi udara seperti ini sangat cocok untuk pertumbuhan berbagai macam jamur penyebab penyakit, salah satunya adalah Cryptococcus neoformans. Jamur tersebut termasuk golongan kapang/ragi (yeast).

Jamur ini berukuran sangat kecil dan tidak terlihat mata telanjang, tetapi koloni yang berkembang biasanya terlihat seperti lapisan berwarna krem-coklat dan berlendir. Kapang C. neoformans berada dimana-mana, biasanya tumbuh dan berkembang di kotoran burung dan tumbuhan yang membusuk. C. neoformans sering menyerang pada kucing, terutama saluran pernafasannya. Penyebaran dimulai dari hidung, melalui aliran darah dapat menyebar ke otak, mata dan paru-paru. Tetapi umumnya menyerang bagian hidung, tenggorokan, jaringan wajah, mata dan otak.

Karena ternyata jenis - jenis penyakit kucing cukup banyak dan saya juga tidak bisa membagikan semuanya disini maka saya sarankan untuk melihat langsung ke sumbernya yang lebih lengkap melalui link di bawah ini




2 komentar :

saracensa said... Balas

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@saracensa terimakasih juga sudah berkunjung.

Post a Comment

Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.