Alexa merupakan situs yang menyediakan informasi mengenai banyaknya pengunjung suatu situs dan urutannya atau yang sering disebut alexa rank ( Wikipedia ).

Dalam 3 bulan terakhir ini alexa rank blog saya turun drastis sampai 10.305.905 ( saat postingan ini diketik ) dari yang dulunya pernah masuk ranking 1juta an. Saya sebagai pengelola jadi bingung apa penyebab rangking alexa blog saya jadi turun drastis. Untuk mengetahuinya saya akhirnya coba cari di google, ternyata memang banyak yang membahas tentang hal yang satu ini. Dari hasil pencarian saya tersebut ada beberapa yang harus diperhatikan dalam mengelola suatu blog agar alexa rank tetap stabil dan tidak turun drastis.
    • Menginstall alexa toolbar di browser. Download alexa toolbar melalui link ini
    • Menambahkan alexa widget di blog. Usahakan agar memasang widget alexa di blog kita sebagai backlink.
    • Rutin melakukan update postingan. Melakukan update postingan yang teratur misalkan 1 hari 1 postingan atau lebih. Untuk hal ini saya masih kurang teratur bahkan sempat sampai satu bulan hanya 1 postingan, jadi memang wajar kalau alexa rank blog saya turun drastis.
    • Usahakan konten yang kita buat original dan bermanfaat. Update blog kita dengan isi yang asli dari tulisan kita sendiri buka copy paste dari blog lain.
    • Blogwalking ke blogger yang lain, Hal ini juga saya masih kurang.
    • Buat sebuah postingan tentang alexa. Ini merupakan postingan pertama saya dari blog ini tentang alexa jadi postingan ini merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kembali alexa rank blog ini.
    • Melakukan ping blog. memberitahukan search engine kalau kita lagi mengupdate blog.
    • Mempromosikan blog ke blog directory yang bertebaran di internet.
      Secara garis besar memang hampir sama saat kita mencoba meningkatkan rangking alexa kita waktu pertama kali mendaftarkan blog kita ke alexa. Itulah mungkin beberapa hal yang harus diperhatikan agar alexa rank blog tidak turun secara drastis.

      Terima kasih. keep blogging


      47 komentar :

      Yosefa said... Balas

      Thanks gan infonya!
      alexa rank-ku turun dari 4jt-an ke 22jt-an. :(

      Sewa Ruang Kantor said... Balas

      Kalo Google ranking yang turun drastis, solusinya gimana?

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @yosefa
      sama2 gan terima kasih juga sudah mau berkunjung ke blog saya

      @sewa ruang kantor
      wah kurang tau saya, blog saya sendiri masih belum dapat page rank dari google, hehe.
      terima kasih

      adibey said... Balas

      alexa rank saya turun drastis juga gan, mungkin karena jarang update ..hee

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @adibey makasih gan udh berkunjung.

      ali hidayah said... Balas

      alhamdulillah,terimaksih sdh berbagi, saya sendiri saat ini sedang mengalami penurunan rank alexa yg lumayan, dari 2 jtan skrang smpe 5 jt an.Masalah pertamanya karena saya install ulang wp dari nol lagi sejak weblog kena defacer hack.
      Trims utk pencerahannya

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @ali hidayah sama - sama , terima kasih juga sudah berkunjung.

      http://official-seller.blogspot.om said... Balas

      salah satu penyebab turunnya peringkat alexa adalah lama waktu proses pembukaan website, smakin lama waktu yang dibutuhkan semakin turun peringkatnya.

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @yang diatas ^ terima kasih tambahan tipsnya :) .

      jalantikus said... Balas

      apa betul alexa hanya menghitung pengunjung yg menggunakan alexa toolbar saja?

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @jalantikus saya juga tidak tahu pasti, hehe, tapi yang jelas dari beberapa postingan serupa yg saya baca dgn kita memasang alexa toolbar merupakan salah satu cara agar menaikkan ranking alexa blog/website kita, jadi saya hanya merangkum tips" yg saya baca tersebut dalam sebuah artikel.
      terima kasih sudah berkunjung :-)

      Krisna Agustya said... Balas

      Nice infonya bro... sya coba dulu & ditunggu kunjungan baliknya
      http://agustya-blog.blogspot.com/

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @krisna Agustya sip, terima kasih sudah berkunjung :)

      Solichin Toip said... Balas

      Klo sy asalnya lbh mementingkn banyaknya pengunjung. Krn dg bnyakny tamu maka akan banyak peluang menjaring mereka sbg planggan. Tp sekarang... sy sgt merasa perlu nilai ranking yg bgs. Slm knl & thanks tipny, jd tau AR sy yg sk naik trn drastis.

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @solichin toip salam kenal, terima kasih sudah berkunjung ke blog saya :)

      RendyBoyz_25 said... Balas

      Nice Sob
      Visit Back : XkresssX Technology

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @RendyBoyz_25 sip, terima kasih.

      Alvin Shisui said... Balas

      Your blog's Awesome Dude...
      Keep Visiting my blog too...
      http://www.alvincelebration.com/

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @Alvin Shisui: sip, terima kasih sudah berkunjung.

      feny said... Balas

      nice share gan

      Anita said... Balas

      tetap semangat :D

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @feny: terima kasih :)

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @Anita: terima kasih sudah berkunjung :)

      afan said... Balas

      aktif posting sama blog walking saya kira sudah cukup untuk nggenjot alexa rank. kalo masalah toolbar menurut saya buat ngebantu monitor ranking nya sekalian lihat rank blog lain :)

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @afan: iya sih dua point itu yg paling utama hehe
      makasih tambahan tipsnya :)

      airport pickup w2 said... Balas

      All that we are is the consequence of what we have estimation. Wait… Has anyone exhorted dissertation for you. Keep the articles progressing !heathrow to w2 |minicab in w2

      hyden07 said... Balas

      Saya mengalami penurunan ranking Alexa tiap hari 300 ribu lebih selama 2 minggu ini.... setelah baca postingan ini saja jadi tahu sedikit tentang kesalahan saya....
      terima kasih

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @hyden07:wah terima kasih bagus deh kalau begitu hehehe, makasih juga sudah berkomentar.

      Cah Xgangsa said... Balas

      nasibnya kaya ane gan, padahal alexa nya udah 1 jutaan eh melorot ke 3 jutaan, apa ini penyebabnya gara2 ane ganti template blog yaa?

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @Cah Xgangsa:kayanya sih iya gan, tapi bisa juga ngak hehe, yang jelas sih harus rajin posting buat narik pengunjung, makasih

      jual game pc said... Balas

      thanx bos, jd ngingetin harus sering buat backlink rutin

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @jual game pc: sama" bos.

      kumpulan mp3 said... Balas

      nice post gan. .

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @kumpulan mp3:makasih gan

      Jon Robet Sidabutar said... Balas

      sama boss gw terjun bebas dari ratusa ribu ke puluhan juta hadehhh

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @Jon Robet Sidabutar:coba aja bro cara saya diatas buat naikin lagi hehe. Makasih ya komentarnya.

      oyo sukarya said... Balas

      betul Sob, update setiap hari sepertinya ranking alexa bisa turun, minimal postingan 1 dan saling komentar, sy sendiri posting hanya 3 hr sekali, alexanya msh gendut

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @oyo sukarya:iya betul, blog saya ini kayanya pengunjungnya banyak yg silent reader hehe, btw thanks ya komentarnya

      info unik pintar said... Balas

      saya juga sedang bingung dengan turunnya serp ,page, dan alexa yang membuat saya hampir frustasi. semoga dari yang anda solusikan dapat berguna untuk saya

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @info unik pintar:mudah2an berguna gan :))

      Arijal Meutuwah said... Balas

      cara mendapatkan widget alexa gimana om ?

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @arijal buka website alexa.com

      Santo Fernandus said... Balas

      untuk naikin alexa, pakai traffic exchange bro...
      salah satu web traffic exchange terbaik adalah hitleap..
      (Y)

      http://www.macanbola.com/

      Gusti Indra Muliawan said... Balas

      @santo oh baru tau saya, makasih tambahan infonya bro

      cara mengobati limfadenitis said... Balas

      thanks buat infonya gan,,, di coba lagi ya,, coz alexa web saya juga turun..

      Erica belinda said... Balas

      Mantap gan artikelnya juga Keren banget sangat membatu .salam

      blower hp said... Balas

      thanks gan artikelnya, sngat bermanfaat sekali...
      blower hp

      Post a Comment

      Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
      Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

      Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.