Setelah beberapa waktu yang lalu saya membahas mengenai download dan membuat theme nokia s40, sekarang saya ingin membagikan tips untuk mengatasi masalah pesan error " not enough memory " (memori tidak cukup) pada nokia asha 200 s40 setelah mengganti theme atau tema lama dengan yang baru. Pesan kesalahan ini muncul di saat akan memutar musik atau membuka media player pada handphone sehingga akhirnya kita tidak bisa membuka file musik di handphone kita. Jadi bisa dipastikan kesalahan ini disebabkan skin media player yang tersemat di dalam tema yang baru di gunakan.

Kesalahan ini mungkin disebabkan karena terlalu kecilnya memori internal yang dimiliki oleh nokia asha 200.

Untuk mengatasi kesalahan ini tetapi kita tetap bisa menggunakan tema yang baru, berikut saya berikan langkah - langkahnya.
  • Siapkan aplikasi tema yang ingin dipakai, winrar atau haozip, dan notepad.
  • Masuk folder option dan hapus contengan " Hide extensions for known file types " pada menu view.
  • Rename tema dengan ekstensi .rar atau .zip
  • Ekstrak tema tersebut menggunakan aplikasi winrar atau haozip tadi.
  • Setelah di ekstrak cari file skin eql, skin fmr, dan skin mpl yang berekstensi .nfl, kemudian hapus ketiga file tersebut.
  • Cari file theme.xml di tema yang diekstrak tadi dan buka menggunakan notepad, kemudian cari perintah yang ditandai seperti yang terlihat pada gambar dan hapus perintah tersebut. Setelah itu save file theme.xml yang sudah diedit tadi.
  • Setelah itu tandai semua file tema yang diekstrak tadi klik kanan pilih add to archive apabila anda menggunakan winrar, namai dengan nama yang anda inginkan dengan menggunakan ekstensi .nth contoh : tema.nth dan pilih ok.
  • Selesai tema baru dapat digunakan tanpa ada pesan kesalahan memori tidak cukup lagi saat membuka file musik.
Silahkan mencoba tapi ingat resiko tanggung sendiri.
Terima kasih.

44 komentar :

vani said... Balas

mau tanya ni kak..
hp saya samsung galaxy young, nah itu juga baru-baru ini ngalamin masalah yang sama.. setiap mau buka music player sama camera, selalu muncul notif "not enough memory". itu kira-kira kenapa ya? memory internalnya masih sisa sekitar 70 mb padahal..
mohon pencerahannya yaa..
makasih

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@vani, klo di galaxy young saya sendiri belum pernah nemuin error seperti itu, kebetulan sy juga pakai young baru 1 bln lebih, lain cerita klo di nokia s40 biasanya gara-gara theme, saran saya coba download aplikasi musik dan camera dr pihak lain di google play atau coba tanyakan di forum android indonesia.

terima kasih.

Anonymous said... Balas

saya juga punya masalah yang sama dengan nokia asha 200. gimana cara untuk mengatasi masalh ini? perlu sambungkan handphone ke komputer atau gimana? saya kurang ngerti caranya. mohon bantuan.. tq

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@anonim apabila masalahnya muncul setelah ganti theme maka hp harus di sambungkan ke pc dan ikuti cara di atas, sdh saya coba di hp saya dan berhasil, tapi kalau bukan kemungkinan memory internal hp memang sdh penuh, asha 200 memang memory internalnya sangat kecil, solusinya hapus pesan yang sudah terbaca dan aplikasi pihak ketiga yang di install hp.

terima kasih.

firman said... Balas

Gimana sih cara balikin aplikasi social, soalnya aplikasi sosial saya eror terus ga bisa dibuka bahkan dihapus pun ga bisa

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@firman wah masalah mas sama nih dengan punya saya, hehehe, kata teman saya sih coba di flashing hp nya semacam di install ulang seperti di komputer, tapi saya sendiri belum pernah mencoba sih, saran saya coba bawa ke tempat dimana mas beli hp nya, biasanya garansi toko minimal setahun jd masih bisa komplain apabila terjadi kerusakan.

terima kasih.

Anonymous said... Balas

saya juga pake nokia asha 200, tp kalo bluetooth masuknya dimemory telepon.. gimana yah spy bluetoothnya langsung masul di memory card?? mohon dijwb.. makasih

Anonymous said... Balas

saya juga pake nokia asha 200, tp kalo bluetooth masuknya dimemory telepon.. gimana yah spy bluetoothnya langsung masuk di memory card?? mohon dijwb.. makasih

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim: kalau tidak salah sudah otomatis, apabila sd card terdeteksi ada maka file dr bluetooth langsung tersimpan ke folder " file yg diterima" di sd card.
terima kasih.

faruk ajach said... Balas

saya pakek nokia asha 200 jugak tpi knapa stelah gnti tema yg di download.... hpx agk lemot
itu kenapa yh??????????????

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@faruk ajach kalau setelah ganti tema hasil download asha 200 memang agak lemot, tapi mungkin jg itu karena tema downloadan yg kamu pakai menggunakan icon dan background yg sizenya besar, saran saya download tema yg sizenya kisaran 500an kb.
terima kasih

iam nopid said... Balas

saya penguna nokia asha200
setelah saya update softwarenya qo gak bisa memutar Media player ya.??
"Not Enough Memory" padahal sudah pake deafult Skin.
pleasae solusinya
Thx
Nopid

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@iam nopid: setelah update software apa kalau boleh tau? kalau keluar peringatan not enough memory setelah ganti theme cara saya di atas bisa dicoba, apabila masih tidak bisa juga berarti memang memory hp anda yg sudah mau full.
terima kasih

Diah said... Balas

nokia is the best

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Diah: ya :)

Anonymous said... Balas

langkah dri awal domg gan,agak ga pham nie,he3,
trus hpny wktu it mati trs mmc+simnya d cbut atau ga?,,,,,,,

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:itu sudah dari awal hehe, semua langkah itu di lakukan di komputer jadi hp gak perlu di matiin, tapi kalau agan download temanya langsung dari hp, copy terlebih dahulu tema yg agan download tadi ke komputer baru ikuti cara di atas
terima kasih, mudah"an bisa membantu

Anonymous said... Balas

Untuk mencari file skin eql dan yang lainnya dimana??
Di file yang saya ekstrak tidak ada, hanya ada gambar2 untuk tema saja. Mohon balas....

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim: berarti tema itu memang tidak berisikan file skin buat mp3 player, seharusnya kalo di pakai langsung itu pasti sudah bisa, gak akan ada masalah waktu buka mp3. kalau masalah pesan error "not enough memory" tetap muncul saat memutar musik kemungkinan mungkin memang memori internal hp memang hampir penuh, asha 200 memang kecil size internal memorinya.
terima kasih semoga membantu.

Anonymous said... Balas

Jika seandainya semua games yang ada di memory internal dihapus, kemungkinan masih akan muncul gak pesan 'not enough memory' saat memutar music player?
Biasanya pesan yang muncul saat memutar music player itu '328kb dibutuhkan. Hapus file dari memory?'

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:
seharusnya sih bisa coba aja, installer game nya masih ada kan ? game nya install di sd card aja.

terima kasih.

Anonymous said... Balas

mau nanya ne kak ...
hp saya pas memutar musik gk bisa ,nukar tema pun gak bisa ...
kata memory tidak cukup,tolong di hapus file di dalam galery ...
bgaimna solusinya thu kk

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:solusinya hapus aplikasi yang kamu install di memori internal atau pindahkan ke memori eksternal.
terima kasih.

Lucky Leony said... Balas

Ane belom coba nih gan.. Mudah2an sih sukses.. Thx sebelumnya..

Lucky Leony said... Balas

Gan ane tadi udah coba. Tapi kok gabisa yaa--"

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Lucky Leony: kalau tetap ga bisa mungkin memang memori internalnya yang hampir penuh, coba hapus beberapa aplikasi. makasih.

Sulankars said... Balas

Tolong kasih situs untuk download EXPLORE untuk nokia asha 200 dunkk.

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Sulankars:cari aja langsung di ovi store nokia, store.ovi.com ada banyak pilihan tinggal cari sesuai dengan yang di inginkan. terima kasih

IMGMUSIK said... Balas

Sob boleh sobat yang melakukan ngga soalnya ga punya notepad
kalo boleh tolong masuk ke sini http://imgpgbcity.heck.in judulnya tema nokia waterfalll tolong di editin biar bisa menggunakan ya

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@IMGMUSIK:saya udh buka theme nya, tapi file yang berekstensi .nfl memang ga ada, saran saya coba ganti gambar gif yg size nya gede itu dengan yg size lebih kecil tapi dengan ukuran yg serupa, usahakan size keseluruhan themenya 400an kb aja, kalau sdh di coba tapi tetap ga bisa berarti memang memory internalnya yg hampir penuh.

terima kasih semmoga membantu.

Anonymous said... Balas

ka' mw nanya,hp sy nokia asha 200, "Foto saya" tidak bs dbuka itu gmna..?

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:mungkin foto yg ada di memory terlalu banyak jadi lambat di bukanya, kalau memang ga bisa juga berarti aplikasinya error, itu saja yang saya tahu, makasih.

Arif Rahmanto said... Balas

kalau mengatasi hang/blank bagaimana ya gan? udah service beberapa kali masih sama saja.
maaf nih OOT

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Arif Rahmanto: wah ga pernah ngalamin sampai hank/blank gitu gan saya, di flashing mungkin bisa dicoba gan. makasih

NOVI ANGGRAINI said... Balas

itu aplikasi dari nokianya yang menuh2in memori gan.pengen dihapus aja tapi gak bisa.gimana ya?masih memori penuh terus kalo mau nyetel musik

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@NOVI ANGGRAINI:kalau aplikasi bawaan dari nokia memang ga bisa dihapus, mungkin bisa ada triknya tapa saya ga pernah coba. kalau aplikasi yg di install dari ovi store baru bisa dihapus. mungkin theme nya coba balikin aja ke default siapa tau bisa. makasih

Anonymous said... Balas

mau tny kak bsa gk kalo ngflas hp asha 200 lngsng diponselnya kya 6600 trz gmn cranya

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:wah ga tau saya bisa atau nggak nya, ga pernah coba maaf ya, makasih.

Anonymous said... Balas

Assalaamu'alaikum ww
mau tanya nih, nokia asha 200 saya tidak bisa membaca memory card.
sebenarnya ini kesalahan saya waktu mau mencabut memory card lupa mematikan hp terlebih dahulu. semenjak itu hp tidak mendekteksi kartu memori. ada cara supaya bisa lagi ? terimakasih

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:wah ga tau saya caranya, tapi pasti ada sih, coba tanyakan ke tempat servis hp terdekat aja mungkin mereka tau. makaish.

rizal anarki said... Balas

gan sebelumnya
ass.wr.wb hehhehe
ane mau tanya nih tentang problem di NOKIA ASHA 200.
kenapa bluetooth ga bisa dihidupkan / dinyalakan gann..., apa problem dengan kartu memori atau terinveksi virus...,
thank gann
tolong balasannya hehhehee

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@rizal anarki:banyak kemungkinan sih gan dari hardware juga bisa. tanyakan ke teknisi yang lebih ahli aja gan. makasih

Anonymous said... Balas

Gan minta link thema N200 400an kb ! Thanks

Gusti Indra Muliawan said... Balas

atas ^ cari aja di google, atau di situs zedge dan mobile9

Post a Comment

Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.