Saya awali dulu dari apa itu garage rock ? garage rock menurut saya merupakan sub genre dari aliran  musik rock yang mungkin dikalangan orang awam lebih gampang dan familiar nya biasa disebut sebut rock n' roll. Genre musik ini telah ada sejak tahun 50an sampai sekarang. Sempat tenggelam dengan kehadiran berbagai aliran musik baru dan fenomena glam rock, garage rock kembali bangkit di awal tahun 2000an. kebangkitan ini dikenal dengan istilah garage rock revival. Istilah garage sendiri berawal dari para musisi" muda yang biasanya masih amatir dengan skill dan peralatan musik seadanya bermain musik di garasi rumah.

Jenis musik ini mungkin agak sedikit kurang dan jarang terdengar dalam dunia musik indonesia apalagi di daerah saya martapura (kalimantan selatan), namun dalam komunitas bawah tanah di indonesia hahaha genre ini tidak kalah bersaing dengan genre yang lagi trend dikalangan band indie sekarang seperti power pop, hardcore, metalcore atau yang sejenisnya. Band" yang mengusung genre ini antara lain The Strokes, Wolfmother, The Datsuns, The Sigit (indonesia) The Vines, The White Stripes, Jet, The Hives etc. 

" Garage Rock is raw form of Rock and Roll " wikipedia

Ya kira" sedikit penjelasan di atas bisa menggambarkan apa itu garage rock. Sekarang kembali ke judul postingan " Death Rattle Boogie " The Datsuns. Saya awali dulu sedikit dengan awal terbentuknya band The Datsuns itu sendiri.

The Datsuns Band yang berasal dari selandia baru ini terbentuk pada tahun 2000 dan ditahun itu pula band ini merilis single pertama mereka berjudul "Super Gyration". Sebelum tergabung di bawah nama the datsuns para personil band ini Rudolf de Borst (vokal, bass), Phil Somervell (gitar), dan Matt Osment (drum) sudah tergabung dalam satu band yang bernama Trinket, barulah pada tahun 2000 mereka berganti nama menjadi The Datsuns.

Pada tahun 2002 mereka berhasil meraih beberapa penghargaan antara lain NME 's 'Best Live Band' dan New Zealand Music Awards untuk kategori 'Best Album', 'Best Group' dan 'Breakthrough Artist' (sumber : wikipedia).

Beberapa album sudah dihasilkan oleh band ini dan pada oktober 2012 kemarin mereka meluncurkan album ke 5 mereka yang berjudul Death Rattle Boogie. Album ini berisikan 14 lagu yaitu :

01. Gods Are Bored               
02. Gold Halo
03. Axethrower
04. Bullseye
05. Skull Full Of Bone
06. Shadow Looms Large
07. Wander The Night
08. Helping Hands
09. Hole In Your Head
10. Fools Gold
11. Goodbye Ghosts
12. Colour Of The Moon
13. Brain Tonic
14. Death Of Me


Berikut dua video single dari album terbaru mereka yang saya ambil dari youtube.



Bagi yang ingin membeli salah album mereka bisa langsung mengunjungi website mereka thedatsuns.com atau sebelum memutuskan untuk membeli anda juga bisa mendownload secara gratis salah satu lagu di album Death Rattle Boogie melalui link di bawah ini
Terima kasih. Live Forever

Baca juga tulisan saya tentang oasis dengan mengklik link di bawah ini
http://indra231087.blogspot.com/2013/01/oasis-band-terbaik-yang-pernah-ada-di.html



10 komentar :

jack said... Balas

keren banget bro

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@jack: the datsuns memang keren bro :)

Anonymous said... Balas

gan, share link download album album the datsuns dong?

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:cari mp3boo.com gan, mungkin ada disitu.

Anonymous said... Balas

lirik2 nya susah di cari euy

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:iya hehehe

Anonymous said... Balas

suka garage rock an juga mas ?

Gusti Indra Muliawan said... Balas

@Anonim:ya saya suka :))

Anonymous said... Balas

salam dari kota seribu sungai hhe .hari sabtu (23 agustus) ini gabung yo mas di rri banjarmasin ,saya dan teman2 garage rock an juga hehe

Gusti Indra Muliawan said... Balas

atas ^ : waduh telat baca komentarnya saya, andai aja tau pasti dengerin rri banjarmasin :))

Post a Comment

Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.