Ada yang ingat hari ini kita memperingati hari apa ? yang sudah tau tanpa lihat buku pelajaran sejarah pasti sudah tua hehehe, atau setidaknya kelahiran tahun 80an. tapi bagi anak sekarang pasti mesti buka buku sejarah atau googling dulu baru tahu. Maklum karena peristiwa bersejarah yang satu ini memang sekarang sudah mulai sedikit dilupakan.

Pada tanggal 30 september 1965 ada sebuah gerakan kudeta yang berakibatkan terbunuhnya 7 perwira TNI saat itu yang sekarang dikenal sebagai Pahlawan Revolusi dan kemudian tepatnya pada hari ini 1 Oktober selalu diperingati dengan hari kesaktian pancasila. Dahulu sebelum era reformasi setiap malam tanggal 30 september selalu diputar film tentang peristiwa G30S ini namun sekarang sudah ditiadakan, pengibaran bendera setengah tiang didepan kediaman masing-masing masyarakat pun sudah jarang dilakukan sehingga membuat peristiwa sejarah ini lambat laun mulai terlupakan. Padahal peristiwa ini sangat penting dalam perjalanan sejarah bangsa Indonesia karena menyangkut dalam peralihan kekuasaan pada saat itu. Mungkin sama pentingnya dengan gerakan Reformasi yang dipelopori oleh mahasiswa pada tahun 1998 yang lalu.

Sampai sekarang apa yang sebenarnya terjadi pada saat itu masih menjadi misteri, karena terdapat berbagai macam versi cerita sejarah yang bermunculan setelah rezim soeharto jatuh pada tahun 1998. Bahkan ada yang mengganggap cerita versi pemerintah pada masa Soeharto berkuasa adalah salah dan terdapat banyak kejanggalan karena dinilai sebagai upaya propaganda soeharto pada masa itu. Namun yang jelas saat itu indonesia kehilangan 7 perwira TNI setelah diculik lalu kemudian dibunuh didaerah lubang buaya. Pemerintah menyebut PKI sebagai dalang dari peristiwa pemberontakan tersebut. Setelah kudeta tersebut berhasil digagalkan semua orang yang terkait dengan PKI atau Komunis menjadi diburu diseluruh penjuru negeri ini yang akhirnya berdampak terjadinya kekacauan dengan banyaknya pembantaian orang-orang yang terkait dengan PKI tersebut. Hingga akhirnya terjadi peralihan kekuasaan dari Soekarno ke Soeharto.

Picture from : http://sukoharjokab.go.id
Peristwia G30S ini memang merupakan sebuah sejarah kelam yang dialami negeri kita tercinta ini. Dibalik banyaknya beragam versi cerita yang ditemui sekarang kita semua harus meyakini bahwa Pancasila adalah Ideologi dasar bangsa Indonesia yang tidak akan dapat tergantikan dengan ideologi atau paham lainnya.

Terima kasih sudah membaca tulisan yang singkat ini.

Berbagai tulisan menarik tentang G30S dari Wikipedia dan Beberapa Blog


1 komentar :

MEDIA INFORMASI BOLA said... Balas

Nice Post

Post a Comment

Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.