Halo pembaca, postingan kali ini saya akan membahas tentang salah satu band favorit saya yaitu Oasis, Band ini berasal dari Manchester Inggris yang mencapai puncak kejayaan di era 90an sampai awal 2000an juga merupakan band pelopor kultur Britpop yang sampai sekarang masih menjadi influence banyak musisi. Britpop sendiri merupakan subgenre dari rock alternatif yang berasal dari inggris. Blur, Pulp, Suede adalah beberapa band britpop lainnya yang juga tak kalah bagusnya dibanding oasis.

Ok sekarang kembali ke Oasis, band ini terbentuk pada tahun 1991 dengan nama awal The Rain. Definitely Maybe adalah album pertama mereka yang dirilis pada tahun 1994, album kedua mereka berjudul (What's the Story) Morning Glory dirilis pada tahun berikutnya. Berselang satu tahun Oasis kembali merilis album ketiga mereka berjudul Be Here Now. Ketiga album tersebut dianggap kebanyakan fans sebagai 3 album terbaik oasis yang pernah mereka buat.

Liam Gallagher " OASIS "
Puluhan penghargaan telah band ini raih antara lain NME Awards, Q Awards, Brit Awards dan beberapa penghargaan bergengsi lainnya. Puluhan singel meraka berhasil memuncaki tangga lagu inggris. Oasis juga pernah dimasukkan pada Guinness Book of World Records pada tahun 2010 dalam daftar “Longest Top 10 UK Chart Run By A Group” setelah berhasil memposisikan 22 single hits di top-10 chart musik Inggris. Oasis juga memegang rekor dunia Guinness sebagai entitas musik tersukses antara tahun 1995 hingga 2005, menduduki selama 765 minggu di chart musik Top 75.


Sebagai band yang banyak menginfluence banyak pemusik lagu-lagu Oasis banyak dicover oleh beberapa musisi dunia. Band terkenal seperti Maroon 5 berdasarkan yang saya tahu pernah mengcover 3 lagu oasis yaitu Wonderwall, Champagne Supernova dan Hello. Rihanna juga pernah menyanyikan Wonderwall di salah satu konsernya, dan masih banyak lagi kita tinggal search aja dengan kata kunci "oasis cover" di Youtube maka kita akan menemukan video covering lainnya.




Banyak yang menyesalkan keputusan meraka untuk membubarkan diri pada 2009, sebagian fans memang masih menginginkan Oasis tetap jalan dengan personil yang tersisa, tetapi pertengkaran antara Liam dan Noel Gallagher kali ini tampaknya sudah terlalu rumit dan sulit untuk membuat mereka kembali berdamai, dan kahirnya oasis pun bubar. Bagi yang belum tahu Liam dan Noel memang sangat sering terlihat berseteru bahkan dari awal oasis baru mencapai kesuksesannya namun mereka kerap kembali berdamai dan Oasis akhirnya bisa jalan terus.

Setelah Oasis bubar Liam dan personil Oasis yang lain membentuk band bernama Beady Eye sedangkan Noel lebih memilih untuk bersolo karir. Tahun depan Noel sudah siap untuk merilis album keduanya berbeda dengan Beady Eye yang akhirnya harus bubar pada oktober kemaren. Kabar Beady Eye bubar ini tentu menggembirakan bagi fans Oasis karena harapan reuni oasis menjadi lebih besar. Ya Semoga saja ya hehehe.

Sampai ini aja kayanya tulisan kali ini, semoga harapan fans Oasis bakal reuni tahun depan bertepatan dengan ulang tahun ke 10 album (What's the Story) Morning Glory terwujud ya. Saya tutup tulisan kali ini dengan sebuah kalimat dari para fans untuk oasis “Oasis.. it’s not a band, it’s a generation!”

Terima kasih yang sudah membaca. Live Forever

Sumber : wikipedia dan beberapa blog

Baca juga tulisan saya yang lain tentang oasis & britpop :
indra231087.blogspot.com/2013/01/oasis-band-terbaik-yang-pernah-ada-di.html
http://indra231087.blogspot.com/2013/01/oasis-band-terbaik-yang-pernah-ada-di.html


0 komentar :

Post a Comment

Ada yang ditanyakan tulis saja di kolom komentar, saya akan jawab sebisanya.
Pakai aja open id atau anonymous kalau ga punya akun google.

Berikanlah komentar yang berguna bagi blog ini. Komentar anda sangat saya harapkan untuk menunjang kemajuan blog ini. terima kasih.